Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menghadiri pertemuan ke-76 Asia Pacific Top Level Domain (APTLD) Members di Iskandar Puteri, Johor Bahru, Malaysia, yang dibuka secara resmi pada hari ini (5/9).
Delegasi PANDI dipimpin langsung oleh Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo dan Gunawan Tyas Jatmiko, Chief Registry Operation (CRO) PANDI.
Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, menjelaskan APTLD merupakan organisasi komunitas internet yang antara lain terdiri dari registri top level domain (TLD) dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik, seperti PANDI sebagai registri top level domain .id di Indonesia. APTLD Members Meeting dilakukan rutin setiap tahun sebanyak dua kali.
Meeting pertama APTLD tahun ini sudah berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Februari lalu. Sementara meeting kedua tahun ini di Johor Bahru, Malaysia, setiap peserta kembali belajar dan berbagi dari pengelola TLD di dunia, termasuk best practise dan cerita sukses di negara-negara lain.
“PANDI terlibat dan aktif di komunitas internet global seperti APTLD, dengan tujuan membangun jaringan dengan pengelola TLD lain serta belajar dari pengelola TLD lain di dunia,” ujar Yudho pada Merdeka.com, yang meliput langsung APTLD Members Meeting ke-76 di Iskandar Puteri, Johor Bahru, Malaysia, Kamis (5/9).
Dalam pertemuan ke-76 ini, lanjut Yudho, PANDI mempunyai harapan tinggi. Pertama, bisa mendorong pertumbuhan domain .id. Kedua, bisa menjalin kerja sama dengan registri dan registrar global untuk pemasaran domain .id ke luar negeri supaya domain .id lebih mendunia (global).
Per hari ini, Kamis (5/9), jumlah domain.id yang dikelola PANDI mencapai 331.324 nama domain.
Dalam APTLD di Johor Bahru ini, PANDI juga berpartisipasi aktif dalam pertemuan. Pada hari ini, Ketua PANDI Yudho akan berperan sebagai moderator di sesi 5A dengan topik “Marketing: Marketing up! How to develop and sustain a meaningful dialogue with one’s own goverment”.
Kemudian pada hari kedua, Jumat (6/9), Gunawan Tyas Jatmiko, Chief Registry Operation PANDI, akan menjadi salah pembicara di sesi 8A dengan topik “Marketing: New gTLD versus ccTLD vs Social Media”.
Sumber : Merdeka.com

Translate »