Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah aturan dasar yang mengatur komunikasi antara client dan server. client adalah pengguna yang menerima informasi sedangkan server adalah yang memberikan informasi tersebut sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi lebih aman dari HTTP, tugasnya sama persis namun dalam pertukaran data https menggunakan autentikasi dan komunikasi tersandi. HTTPS di kembangkan oleh Netscape Communications Corp. ⁠

Perbedaan Antara HTTP Dengan HTTPS

Meskipun sekilas baca antara keduanya memiliki persamaan namun jika diperhatikan secara teliti maka terdapat perbedaan mendasar antara HTTP dengan HTTPS adalah sebagai berikut :

Perbedaan utama adalah erat hubungannya dengan pengaplikasian ‘port’. Pada HTTP, port yang digunakan adalah berukuran port 80. Sedangkan untuk HTTPS menggunakan port ukuran 443. Dengan memilih menggunakan HTTPS maka informasi yang didapat menjadi lebih aman karena hanya melakukan proses ‘Enkripsi’ terhadap pengiriman informasi. Adapun beberapa informasi yang dikirim hanya bisa diakses oleh client dengan server aktif terakhir.

Fungsi Dan Kegunaan Dari HTTP 

Seperti dijelaskan di atas bahwa pengertian HTTP adalah terkait dengan singkatan dari HTTP itu sendiri yaitu Hypertext Transfer – Transfer Protocol yang bisa diimplementasikan ke salah satu Protokol Internet. Tetapi jika anda mengaplikasikan ‘suite protocol’ jenis TCP / IP yang saat ini sedang populer maka sebuah client HTTP akan dapat membentuk koneksi lancar ke TCP melalui ‘host’ dimana di dalamnya terdapat port 80 adalah ‘port default’ yang bermanfaat untuk membentuk sebuah hubungan diantara client dengan server menggunakan HTTP guna mendapatkan / menerima permintaan yang akan dilanjutkan ke server untuk menjawab dengan pengaplikasian baris status untuk pesan.

 

Sumber : https://www.docdroid.net/uvli2Ht/pengertian-dan-fungsi-http-docx