Bola.net – Bergulirnya Kompetisi Liga Anak Indonesia (Ligana.id) mendapat acungan jempol Joko Susilo. Asisten Pelatih Timnas Indonesia ini menilai kompetisi sepak bola kelompok umur ini merupakan hal yang sangat positif bagi sepak bola Indonesia.

“Kompetisi kelompok umur sangat penting,” ucap Joko Susilo.

“Ini adalah salah satu pilar pembinaan dalam sepak bola,” sambungnya.

Menurut Joko, Ligana.id sendiri sudah merupakan hal bagus. Namun, mantan Pelatih Arema FC tersebut juga berharap ada hal lain yang bisa dilakukan di kompetisi kelompok umur terbesar di Indonesia tersebut.

“Harus ada edukasi untuk pelatih dan pemain,” kata Joko.

“Bentuk edukasi ini bisa semacam coaching clinic bagi pelatih. Nanti, pelatih yang menularkan ilmunya kepada anak asuhnya,” sambung pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Sebelumnya, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bekerja sama dengan ETSport menyelenggarakan turnamen sepak bola kelompok umur yang bertajuk Liga Anak Indonesia (Ligana.id).

Turnamen ini digelar untuk lima kelompok usia, mulai U-9 sampai U-17. Sebagai permulaan, ajang ini digelar di empat region, yaitu: Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Puji Format Kompetisi

Selain soal inisiatif menggelar kompetisi sepak bola usia muda, ada hal positif lain -menurut Joko- yang ada dalam ajang ini. Pelatih berlisensi AFC Pro tersebut juga memuji format kompetisi yang digunakan dalam ajang ini.

“Dalam kompetisi, pertandingan yang ada jauh lebih banyak. Tentu, ini akan lebih bagus bagi para peserta,” tutur Joko.

“Mereka akan lebih banyak bertanding, yang tentu saja lebih bagus bagi pengalaman,” imbuh Direktur Teknik Akademi Arema tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Link : https://www.bola.net/indonesia/asisten-pelatih-timnas-indonesia-puji-gelaran-ligana-id-520e39.html

Translate »