Asosiasi Big Data & AI (ABDI) memberikan penghargaan The Best IT & Data Tech Governance 2018 kepada PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) di ajang penghargaan DataGovAI Summit & Awards 2018, Rabu (17/10/18) di Balai Kartini Jakarta.

DataGovAI Award 2018 merupakan penghargaan yang diberikan kepada dunia usaha serta institusi yang sukses menerapkan Tata Kelola Teknologi Informasi, termasuk transformasi teknologi data menghadapi disrupsi digital dan era ledakan data.

Penghargaan nasional ini diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Jumain Appe yang didampingi oleh Chairman ABDI Dr. Rudi Rusdiah, BE, MA kepada CTO PANDI, M. Salahuddien Manggalanny.

“Melalui penganugerahan ini, PANDI mendorong untuk lebih peduli terhadap tata kelola data sekaligus ingin menjadi leader dalam menerapkan kebijakan  Perlindungan Data Pribadi agar para Registran terlindungi Data Pribadinya.” kata Salahuddien

Event ini diselenggarakan oleh ABDI (Asosiasi Big Data & Ai), majalah/portal Komite.id, SingEx (PT OmnieComm Expo) Singapore Event Manager, didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Penghargaan DataGovAi Award 2018 ini merupakan apresiasi terhadap keberhasilan PANDI dalam melakukan transformasi digital. Tidak hanya membenahi produk, layanan, proses kerja dan budaya kerja yang berbasis pada tata kelola perusahaan (GCG/good corporate governance) tetapi juga PANDI yang telah menerapkan Sistem Manajemen Kemanan Informasi (SMKI) menggunakan standar SNI ISO/IEC 20071:2013. Sistem manajemen ini sebuah pendekatan sistematis untuk mengelola informasi sensitif, sehingga tetap aman. Termasuk pada informasi proses, orang dan informasi pada sistem teknologi menggunakan azas manajemen risiko.