Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) secara resmi telah berganti kepengurusan untuk periode 2019-2023 yang telah disahkan dalam Rapat Umum Anggota (RUA). Acara yang dilaksanakan di Hotel Santika Teraskota BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (4/5/2019) memutuskan Yudho Giri Sucahyo terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus menggantikan Andi Budimansyah yang telah habis masa baktinya.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak karena telah dipercaya sebagai Pengurus PANDI untuk periode 2019-2023. Saya bersama dengan Pengurus baru akan melanjutkan kerja keras Pengurus sebelumnya. Mohon kerja sama, masukan serta saran dari seluruh pihak agar kami dapat menjalankan amanah dengan baik dalam empat tahun ke depan.” Kata Yudho.

Doktor lulusan Curtin University yang kini mengajar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) ini akan menjadi Pengurus PANDI bersama dengan Teddy Affan Purwadi, Azhar Hasyim, Heru Nugroho dan Isnawan. Sedangkan untuk Dewan Pengawas PANDI terpilih adalah A. M. Natsir Amal, Helni Mutiarsih Jumhur dan Merza Fachys.

Jumlah Nama Domain .id yang saat ini berjumlah 311 ribu dinilai masih terlalu kecil karena jika dibandingkan dengan jumlah pendudukan Indonesia yang sudah mencapai 250 juta lebih. Dengan kondisi tersebut, Yudho pun menjadikan peningkatan jumlah Nama Domain .id sebagai prioritas utamanya sebagai Ketua Pengurus yang baru.

“Ke depannya, peningkatan jumlah Nama Domain .id akan menjadi prioritas utama karena sesuai dengan Visi PANDI yaitu “Menjadikan Domain .id sebagai Domain utama masyarakat Indonesia”, kami berharap Nama Domain .id akan menjadi pilihan utama masyarakat di era ekonomi digital dan Revolusi industri 4.0 ini.” Tutup Yudho.

Berikut daftar lengkap kepengurusan PANDI di Periode 2015-2019:

Dewan Eksekutif

Ketua, Pengarah/Chairman: Wahyoe Prawoto

Sekretaris, Pengarah / Secretary: Teddy Affan Purwadi

Anggota, Pengawas / Board Member: Azhar Hasyim

Anggota, Pengawas / Board Member: Basuki Suhardiman

Anggota, Pengawas / Board Member: Heru Nugroho

Anggota, Pengawas / Board Member: John Sihar Simanjuntak

Anggota, Pengawas / Board Member: Sapto Anggoro

 

Dewan Direktur

Ketua, Direktur Utama / Chairman and CEO: Andi Budimansyah

Direktur Teknologi dan Operasional / CTO: Muhammad Salahuddien Manggalanny

Direktur Layanan, Pemasaran dan Komunikasi / CMO: Tinuk Andriyanti Asianto

 

Berikut daftar lengkap kepengurusan PANDI di Periode 2019-2023:

Dewan Pengawas

A.M. Natsir Amal

Helni Mutiarsih Jumhur

Merza Fachys

 

Dewan Pengurus

Yudho Giri Sucahyo

Teddy Affan Purwadi

Azhar Hasyim

Heru Nugroho

Isnawan

 

Sebagai tambahan informasi, Saat ini PANDI mengelola Nama Domian berakhiran .id antara lain Nama Domain .id, or.id, co.id, ponpes.id, desa.id, we.id, sch.id, ac.id, my.id, biz.id, des.id, net.id, mil.id, dan go.id.