Director of Information Technology Ministry of Transport and Communications Timor Leste, Nicolau Santos Celestino berkunjung ke kantor Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) pada hari Senin (24/2). Agenda tersebut merupakan kelanjutan dari pertemuan ICANN66 di Montreal, Kanada beberapa waktu lalu, di mana PANDI, pengelola Nama Domain Australia atau auDA, dan pengelola Nama Domain Portugis atau DNS.PT, sepakat membentuk tim gabungan dalam proyek pengembangan pengelolaan Nama Domain .TL atau domain Timor Leste.

Kedatangan Nico disambut hangat oleh Wakil Ketua Bidang Pemasaran, Kerjasama dan Pengembangan Usaha PANDI, Heru Nugroho yang didampingi oleh Chief Registry Officer, M. Shidiq Purnama dan Deputi Marketing, Kerjasama dan Pengembangan Usaha, Gunawan Tyas Jatmiko beserta timnya.

Dalam lawatan pertamanya, Nico membahas tentang kerjasama lanjutan antara PANDI selaku .id Registry dengan domain .tl dan berdiskusi mengenai hal-hal teknis yang nantinya akan bisa mengembangkan Nama Domain .TL.

Dari hasil pertemuan tersebut, disepakati bahwa PANDI akan mengirimkan perwakilan untuk observasi langsung ke Timor Leste, agar bisa memetakan kendala apa yang dihadapi dan bisa segera menemukan solusinya. Kedua belah pihak berharap bisa sesegera mungkin menindaklanjuti proses kerjasama yang terjalin, agar bisa berjalan dan berkembang dengan baik.

Untuk diketahui, proyek gabungan tiga negara ini dimotori dan difasilitasi oleh Asosiasi Pengelola Nama Domain Tingkat Tinggi Asia Pasifik (APTLD). Dalam proyek ini, APTLD berkomitmen membantu dari segi administrasi, logistik dan komunikasi.