Siklus Domain

Auto Renewal Period (maksimal 45 Hari)

• Auto Renewal Period, di–setup 35 hari (atau sesuai dengan ketentuan Registrar) dari tanggal domain berakhir;
• Status domain: renew period
• Dalam periode ini domain masih bisa diperpanjang sampai dengan domain dihapus;

 

Redemption Period (30 Hari)

• Redemption Period, di–setup 30 hari dari tanggal berakhir masa auto renewal
(tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period)
• Status domain: pending delete;
• Domain tidak dapat diakses dan telah di hapus oleh sistem. Dalam periode 30 hari ini domain hanya bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 400% dari biaya normal; caranya dengan mengajukan permintaan restore ke registrar

 

Pending Delete (7 Hari)

• Pending Delete, di-setup 7 hari dari tanggal berakhir masa redemption period.
(tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period + 7 hari pending delete)
• Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi pemilik domain untuk melakukan perpanjangan (renew atau restore). Domain akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 7 hari pending delete berakhir. Pendaftaran domain melalui persyaratan dan first come first served layaknya pendaftaran domain baru.

 

Kontak Domain

Registrant

Individu, kelompok, badan usaha, atau badan hukum pemegang nama domain. Biasanya yang tercantum adalah nama orang atau organisasi yang mendaftarkan nama domain.

Admin

Individu, kelompok, badan usaha, atau badan hukum yang mengatur administrasi suatu nama domain.

Technical

Individu, kelompok, badan usaha, atau badan hukum yang mengatur perihal teknis suatu nama domain, seperti nama server dan update status domain.

Billing

Individu, kelompok, badan usaha, atau badan hukum yang mengatur perihal pembayaran suatu nama domain.

Name Server

Komputer yang secara permanen terhubung dengan internet dan bertugas menerjemahkan nama domain menjadi alamat internet protocol (IP).

Perpanjang Domain

Perpanjang nama domain dapat dilakukan dalam masa aktif. Masa aktif domain Anda adalah satu tahun atau tiga tahun dari tanggal pendaftaran, tergantung pilihan Anda saat mendaftarkan. Misal, Anda mendaftarkan nama domain Anda pada tanggal 6 Juni 2016 dan memilih masa aktif satu tahun, maka domain Anda aktif hingga tanggal 5 Juni 2017.

Transfer Domain

Transfer Domain merupakan kegiatan memindahkan nama domain yang sama dari satu registrar ke registrar lain. Rincian cara transfer domain berbeda pada tiap registrar. Domain dapat ditransfer hanya dalam masa aktif. Anda dapat mentransfer domain Anda jika Anda memiliki kode otentifikasi domain Anda. Lebih jelasnya bisa Anda lihat di Kebijakan Pendaftaran Nama Domain versi 5.0 nomor 6.3 dan 6.4

Translate »