Istilah Deep Web atau dalam Bahasa Indonesia yang berarti Web Dalam, adalah bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web. Deep Web berbeda dengan Dark Web, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari Deep Web. Banyak orang mengatakan bahwa Deep web itu merupakan situs sarang penjahat yang kerap kali digunakan untuk transaksi barang-barang ilegal dan tindakan kriminal. Namun istilah ini kurang tepat di karenakan terdapat fakta bahwa Deep Web memuat banyak sekali konten informasi terpendam yang sulit atau bahkan tidak bisa diakses (invisible) oleh orang biasa.
.
Berbagai situs yang ada di dalam Deep web juga tidak bisa ditemukan dengan mudah layaknya melakukan aktivitas browsing menggunakan mesin pencari seperti biasa.
.
Contoh situs Deep web sendiri beberapa diantaranya meliputi server lokal kampus, layanan apikasi pesan instan yang tidak terindeks mesin pencari, serta aplikasi online yang hanya bisa diakses oleh karyawan atau pekerja tertentu.

Apakah Deep Web Berbahaya?

Pada dasarnya setiap website yang ada di ranah Deep Web tidaklah semenyeramkan yang kita bayangkan. Hanya saja, peran para pengguna internet lah yang membuat Deep Web menjadi ladang empuk untuk mencari mangsa. Hal tersebut berlaku bagi para hacker yang ingin mencuri data Anda. Ketika Anda tidak berpengalaman dalam dunia IT dan asal membuka konten di Deep Web, maka hacker bisa dengan mudah menyusup masuk ke jaringan IP Addres komputer Anda.

Hal ini sangat merugikan karena seluruh data Anda bisa dicuri dengan mudah. Bahkan beberapa kasus yang terjadi adalah hilangnya akses Anda sebagai pengguna utama. Untuk itu bagi Anda yang tidak memiliki basic sebagai ahli IT ada baiknya hanya melihat-lihat isi Deep Web saja tanpa harus masuk lebih dalam. Kecuali jika Anda sudah memiliki berbagai persiapan dan pengetahuan seputar jaringan internet, maka tak masalah untuk menelusuri Deep Web lebih jauh lagi.

Sources:

https://id.wikipedia.org/wiki/Deep_Web

https://www.robicomp.com/pengertian-deep-web-dan-penjelasan-lengkapnya.html