PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) adalah Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Kode Negara Indonesia domain .ID.

Di mana “registri” adalah istilah untuk menyebut perusahaan atau organisasi yang bertugas mengelola dan menerbitkan Nama DTT (Domain Tingkat Tinggi/Top Level Domain).

Secara umum, Registri tidak memiliki tugas untuk memasarkan maupun menjual nama domain DTT ke ranah publik secara langsung karena mayoritas penjualan nama domain dilakukan oleh Registrar domain.

Sebagai Regisri Domain .ID, PANDI bertugas mengelola DTT domain .ID serta DTD (Domain Tingkat Dua) seperti .CO.ID, WEB.ID, MY.ID, OR.ID, SCH.ID,AC.ID, dan lainnya.

Registrar

Tugas PANDI sebagai Registri adalah mengakreditasi Registrar Nama Domain.

Di mana Registrar domain adalah organisasi atau badan komersial yang menyediakan pendaftaran nama domain dengan menawarkan nama domain kepada Registran (Publik).

Hingga saat ini, PANDI telah memiliki lebih dari 20 registrar.

Registran

Sahabat ID sudah memiliki domain .ID?

Jika kamu adalah pengguna yang telah mendaftarkan nama domain, maka kamu disebut sebagai Registran.

Jika belum, kamu dapat mendaftarkan nama domain melalui Registrar yang sudah terakreditasi oleh PANDI yang tentunya akan memperhatikan kualitas layanan.

Secara definisi, Registran adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang, organisasi, atau perusahaan yang membeli nama domain.

Nah! jika saat ini Sahabat ID sudah memiliki nama domain TLD seperti domain .ID, maka Sahabat ID sudah bisa disebut sebagai Registran