PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) secara resmi bergabung menjadi anggota dari APWG (Anti-Phishing Working Group) – Jakarta, 17 November 2020. APWG sendiri adalah sebuah koalisi internasional yang menyatukan tanggapan global terhadap kejahatan dunia maya dan salah satu aliansi anti-phishing terbesar dan tertua di dunia.

Dengan tergabung di APWG, PANDI dapat turut ikut serta dalam menyatukan respons global terhadap kejahatan dunia maya di seluruh industri, sektor pemerintah dan penegakan hukum, dan komunitas LSM.

Ancaman phising  adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik mengelabui targetnya. Di mana data yang menjadi sasaran utama adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial.

Phishing juga dapat terjadi pada ranah domain. Penyerang biasanya menggunakan domain untuk penipuan serta mengelabui penerima pos-el agar menyerahkan detail akun mereka, melalui tautan di pos-el yang menyamar sebagai pencatat mereka. Tautan meneruskan pemilik domain yang tidak curiga ke situs web registrar replika cerdik yang ingin mendapatkan informasi sensitif seperti nama pengguna dan sandi akun domain, di mana efek dari adanya phishing domain dapat berdapak kerugian.

Bergabungnya PANDI menjadi anggota APWG dapat mencegah adanya phishing yang terjadi pada penggunaan domain .id. PANDI berharap dengan bergabungnya menjadi anggota di  APWG dapat membantu PANDI untuk berperan aktif dalam komunitas global untuk pengembangan tata kelola internet global juga untuk melawan kejahatan di Internet (eCrime).