DKI Jakarta, 14 Oktober 2021 – PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), DITJEN APTIKA KOMINFO RI (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) KEMENKUMHAM (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia) dan AKHKI (Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia) selenggarakan WEBINAR bertajuk “Pemanfaatan Domain Sebagai Brand di Internet” pada hari Kamis, 14/10/2021 pukul 13:30 WIB.

 

Acara ini dihadiri oleh beberapa Narasumber yaitu:

  • Prof. Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI
  • Adel Chandra .,S.Kom.,MM, Kepala Subdit Permohonan dan Publikasi Merek Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, DJKI, Kemenkumham RI
  • DR. Suyud Margono, Ketua AKHKI
  • Drs. Milikta Jaya Sembiring, Plt. Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika, Ditjen APTIKA, KOMINFO RI

Webinar dibuka oleh MC pada pukul 13:30 WIB dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pemaparan materi pertama terkait Peran Pemerintah dalam percepatan Transformasi Digital disampaikan oleh Drs. Milikta Jaya Sembiring selaku Plt. Direktur Tata Kelola APlikasi informatika Ditjen APTIKA KOMINFO RI.

“Fokus pengembangan sumber daya talenta digital akan terus Kementerian KOMINFO tingkatkan dari berbagai level kemampuan/kemahiran melalui berbagai jenis program yang dihadirkan yang dapat menjadi modal kekuatan bagi indonesia sebagai bangsa digital,” jelasnya.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Adel Chandra., S.Kom.,MM selaku Kepala Subdit Permohonan dan Publikasi Merek Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, DJKI, Kemkumham RI dengan materi terkait alur pembuatan/pendaftran merek dagang/jasa dan pentingnya mendaftarkan merek dagang dan jasa yang dimiliki perusahaan agar dapat dilindungi hukum.

Pemaparan materi ketiga disampaikan oleh Prof. Yudho Giri Sucahyo yang membahas mengenai Peran PPND (Penyelesaian Perselisihan Nama Domain) dalam Pemanfaatan Domain Sebagai Brand di Internet. Yudho mengatakan “PANDI sebagai Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang diberi amanah oleh PP PSTE (Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik) untuk membantu penyelesaian perselisihan selalu bekerja sama dengan rekan-rekan yang lain.”

“Termasuk dengan DJKI supaya ketika masyarakat mendaftarkan merek mereka, langsung mendapatkan akses link untuk mendaftarkan nama domain, sehingga potensi perselisihan itu bisa berkurang.” lanjutnya.

Pemaparan materi keempat disampaikan oleh DR. Suyud Margono selaku Ketua AKHKI mengenai Peran Konsultasi Kekayaan Intelektual Terhadap Pemanfaatan dan Relasi Nama Domain dan Merek Dagang

Pada saat berita ini diposting, acara telah dihadiri oleh sekitar 110 peserta via Zoom dan 90 peserta via YouTube.

Penulis: Bernhart Farras
Penyunting: Bernhart Farras