PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dan situs media Rakyat Merdeka melakukan pertemuan terkait penandatangan perubahan nama domain website Rakyat Merdeka RMco.id menjadi RM.id. Pertemuan ini dihadiri oleh ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo dan Direktur Rakyat Merdeka, Kiki Iswara pada Rabu, 23 Desember 2020 di Serpong Banten.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan Umum Rakyat Merdeka, Ratna Susilowati beserta jajaran manajemen Rakyat Merdeka. Dari PANDI, hadir secara langsung, Deputi Bidang Administrasi Registri, Dwi Widyastuti dan hadir secara virtual Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Kerjasama, dan Marketing, Heru Nugroho.

Dengan kerja sama itu, alamat situs Rakyat Merdeka dalam waktu dekat akan berubah dari yang saat ini rmco.id, menjadi rm.id.

Yudho menjelaskan, selain penggunaan domain atau alamat internet .id (dot id) oleh situs web Rakyat Merdeka, kerja sama juga meliputi publikasi kegiatan-kegiatan PANDI yang menyentuh masyarakat banyak. “Sehingga mereka bisa mengetahui kegiatan kita,” kata Yudho.

“Bersama-sama dengan Rakyat Merdeka, mari kita sama-sama memasyarakatkan nama domain .id,” tambahnya. “Ayo, Rame-rame Pakai Domain Asli Indonesia.”

Sementara itu, Kiki Iswara mengatakan kerja sama ini menjadi pintu gerbang sinergi yang lebih baik di masa mendatang. Rakyat Merdeka, ingin mengembangkan komunikasi digital media massa.

“Tentunya, dengan bantuan PANDI, hal ini bisa direalisasikan dan akan bermanfaat bagi kami,” ujar Kiki.

Di tempat yang sama, Pemimpin Redaksi rmco.id, Firsty Hestyarini menyebut, transformasi ini bertujuan mendekatkan Rakyat Merdeka dengan pembaca setianya.

“Ini merupakan bagian dari upaya digitalisasi Rakyat Merdeka, untuk menjawab tantangan zaman. Nama RM sudah sangat identik dengan Rakyat Merdeka,” ujar Hesti, saapan akrabnya.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Di mana semua yang hadir secara langsung mengenakan masker, mengatur jarak antar orang dan acara dilakukan secara singkat; datang, tanda tangan, beri penjelasan soal kerja sama, dan selesai.