Tangerang, 26 Oktober 2021 – PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) selenggarakan acara bertajuk TALKSHOW WIRAKARYA LOCAL HEROES FESTIVAL 2021 “Peran Generasi Muda dalam Memajukan Ekonomi Kreatif Nasional” pada hari Selasa, 26/10/2021 pukul 09:00 WIB s.d. 12:00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh beberapa Narasumber yaitu:

  • Prof. Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI
  • Hermawati Setyorinny, Ketua Umum komunitas UKM Aku Mandiri
  • Ansari Kadir, Co-Founder GK Hebat

Acara dibuka oleh Ketua Umum BPP AKU dan pencetus program Wirakarya, GKR Mangkubumi memberikan sambutan dan menyampaikan apresiasi  bagi para generasi muda dan UMKM atas upaya sertakerja kerasnya mempromosikan produk lokal Indonesia.

“Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk memulai gerakan bangga buatan Indonesia.”

Kemudian, acara puncak Wirakarya Local Heroes Festival 2021 secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden RI, Kiai Haji Ma’ruf Amin yang diwakili oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Ini adalah acara kolaborasi antara UMKM dan generasi muda Indonesia yang digelar sejak Agustus tahun ini untuk membantu meningkatkan penjualan di masa pandemi sekaligus menumbuhkan kecintaan produk lokal.

Menteri Teten menyampaikan pemuda harus menjadi local hero dengan bangga pada buatan bangsa sendiri, serta menciptakan dan mengembangkan produk dalam negeri supaya perekonomian nasional kokoh dan mandiri. Dalam mendukung lebih banyak lagi local hero UKM, Kementerian Koperasi dan UKM sudah menyiapkan program inkubator wirausaha melalui LPDB-KUMKM.

Pasca dibuka, acara dilanjukan dengan pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ketua Umum komunitas UKM AKUMandiri, Hermawati Setyorinny yang menyampaikan kisah komunitasnya yang berusaha membantu orang-orang yang sedang mencari peluang bisnis serta mendorong kolaborasi dan agregasi pelaku UKM dengan semua pihak, terutama dari anak muda untuk aspek teknologi digital yang dibutuhkan saat ini.

Pemaparan kedua dipaparkan oleh Co-Founder dan CMO GK Hebat, Ansari Kadir. Ia menyampaikan kisahnya mengenai awal mula merintis usaha yang banyak kendala hingga mendapatkan rekan kerja yang tepat sehingga usahanya bisa berkembang dan lebih maju.

Pemamparan terakhir disampaikan oleh Ketua PANDI, Prof. Yudho Giri Sucahyo. Ia menjelaskan tentang peran teknologi bagi pelaku usaha terutama di masa pandemi Covid-19 ini yang berdampak pada ruang digital yang memungkinkan interaksi antarmanusia tanpa ada batasan secara fisik.

Talkshow ditutup dengan antusias dan dilanjutkan dengan Final Live Selling Competition yang diikuti oleh Grand Finalis perwakilan dari beberapa provinsi di Indonesia sebagai berikut:

  1. Provinsi Riau – Marisa Natra
  2. Provinsi Sumatera Selatan – Charissaa Putri
  3. Provinsi Bengkulu – Reja Putra
  4. Provinsi Jambi – Juanna Uly Siregar
  5. Provinsi Lampung – Khoirudin Kholik
  6. Provinsi Sulawesi Utara – Tabita Trifena Simorangkir
  7. Provinsi Gorontalo – Annusa Bayu Candika
  8. Provinsi Maluku – Gilbert Pattihawean
  9. Provinsi Sulawesi Tengah – Jedidiah Donniar
  10. Provinsi Jawa Timur – Prita Enggar Putri Annisa
  11. Provinsi Banten – Ahmad Dion G.
  12. Provinsi DKI Jakarta – Romaden Marbun

Pada saat berita ini diposting, acara telah dihadiri oleh sekitar 50 peserta via Zoom dan 376 peserta via YouTube.

Penulis: Bernhart Farras
Penyunting: Bernhart Farras