Pengelola Nama Domain Internet Indonesia
(.id Registri)

Registri Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) adalah Registri Nama Domain Tingkat Atas Indonesia (.ID) yang ditugaskan oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kominfo) Republik Indonesia dengan Keputusan No. 806 tahun 2014.

;

Visi PANDI

Menjadikan domain .id sebagai domain pilihan utama di tingkat nasional dan sebagai domain pilihan di tingkat internasional.

Misi PANDI

  • Memastikan sistem layanan registri dan domain name system beroperasi dengan stabil, aman, terpercaya, dan mengikuti standar Internasional.
  • Meningkatkan penggunaan jumlah nama domain .ID di dalam dan luar negeri.
  • Mengembangkan tata kelola pengelolaan nama domain Indonesia dengan melibatkan publik, dan pemerintah secara transparan dan akuntabel.
  • Berperan aktif dalam komunitas global untuk pengembangan tata kelola internet global.
  • Berperan aktif dalam pengembangan, riset dan inovasi teknologi yang terkait dengan Internet.

Pada tanggal 29 Juni 2007, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Indonesia secara resmi memberikan administrasi domain .id kepada PANDI. Delegasi tersebut ditulis dalam Catatan Penugasan Administrasi Domain .id no. BA-343 / DJAT / MKOMINFO / 6/2007 dari Direktorat Jenderal Aptel.

PANDI adalah badan hukum, terdiri dari individu-individu dari internet multi-stakeholder Indonesia. Keanggotaan PANDI mencerminkan keterwakilan Pemerintah Republik Indonesia, akademisi, dan pelaku bisnis.

Untuk menjalankan registri nama domain .ID, setiap empat tahun anggota PANDI memilih Dewan Eksekutif PANDI melalui Rapat Umum Anggota. Karena itu Dewan Eksekutif memilih Ketua PANDI yang juga bertindak sebagai Presiden Direktur PANDI. Dewan Eksekutif juga menugaskan direktur lain di Dewan Direksi, sebagaimana diusulkan oleh Direktur Utama. Dewan Direksi adalah para profesional yang bekerja penuh waktu di PANDI.

PANDI didukung oleh staf yang cakap dan berdedikasi yang selalu mengembangkan diri untuk mematuhi perubahan dan evolusi teknologi di komunitas pengguna internet – di Indonesia dan internasional.

Tugas PANDI

PANDI Sebagai Registri

Registri Nama Domain adalah penyelenggara yang bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan Penyelenggaraan Sistem Elektronik Nama Domain.

*Definisi dalam Permen Kominfo RI No.23 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Nama Domain

Tugas Registri

  • Merumuskan kebijakan di bidang pengelolaan Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia
  • Menyiapkan, mengoperasikan, dan memelihara infrastruktur yang dibutuhkan serta menyediakan sistem elektronik untuk pengelolaan Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia.
  • Menyelenggarakan pendaftaran Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, kepatutan yang berlaku dalam masyarakat, dan prinsip kehati-hatian.

* Permen Kominfo RI No.23 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Nama Domain

Tugas Registri Terhadap Registrar

  • Melaksanakan seleksi Registrar Nama Domain
  • Memberikan peringatan kepada Registrar Nama Domain jika terindikasi melakukan pelanggaran
  • Mencabut hak operasional Registrar Nama Domain jika terbukti melakukan pelanggaran
  • Melakukan pengawasan operasional dan teknis Registrar Nama Domain.

*Permen Kominfo RI No.23 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Nama Domain

Translate »