Jakarta, Cyberthreat.id – Yudho Giri Sucahyo terpilih sebagai ketua umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) periode 2019-2023 dalam Rapat Umum Anggota (RUA) di Hotel Santika Teraskota BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (4/5/2019).

Yudho menggantikan Andi Budimansyah yang purna masa bakti periode 2015-2019. Doktor lulusan Curtain University itu menegaskan prioritas PANDI ke depan adalah meningkatkan profesionalisme serta menjalin komunikasi yang intensif dengan komunitas.

“Sehingga domain .id menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia di era ekonomi digital dan Revolusi industri 4.0,” kata Yudho dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/5/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat di Asia Pacific Institute for Digital Economy itu mengatakan, akan melanjutkan suksesi kepemimpin sebelumnya yang berhasil meraih sejumlah pencapaian.

Diantaranya pengembangan infrastruktur dan aplikasi, pengembangan kebijakan nama domain, sertifikasi ISO, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), kerja sama dengan berbagai mitra serta keterlibatan di berbagai kegiatan komunitas.

“Kami akan lanjutkan kerja keras mereka karena organisasi ini harus bersiap menghadapi tantangan global,” ujar Staf Pengajar Tetap Universitas Indonesia (UI) tersebut.

Saat ini pengguna domain .id baru sekitar 311 ribu. Jumlah itu sangat sedikit jika dibandingkan dengan besarnya Indonesia serta potensi ekonomi dari penduduknya yang mencapai 260 juta jiwa.

Jerman berpenduduk sekitar 82,8 juta memiliki pengguna domain .de (CCTLD Jerman) sebanyak 16 juta atau 19 persen dari total penduduknya. Dengan terpilihnya Yudho seolah mengembalikan PANDI ke UI sebagaimana pendirinya ilmuwan UI, Prof. Dr. Jos Luhukay.

(Cyberthreat/Arif Rahman)

Source : https://m.cyberthreat.id/read/371/Yudho-Giri-Sucahyo-Komandan-Baru-PANDI