Dalam rangka menuju “PANDI | 9.0” Kami mempersembahkan Kompetisi Penulisan Kajian Hukum Nama Domain Indonesia. Yaitu penulisan Artikel mengenai kajian hukum tentang Nama Domain di Indonesia.
Nama domain adalah artificial resources yang menjadi tulang punggung jaringan situs internet saat ini. Dalam perkembangannya, Nama Domain banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menghadirkan eksistensi virtualnya di tengah pasar global dan nasional.

Di Indonesia, Nama Domain berkode negara Indonesia (.id) telah memiliki sejarah pengelolaan yang panjang. Salah satu perjalanan sejarah terpenting adalah ditetapkannya Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebagai satu-satunya Registri .id pada tahun 2014. Pada kelanjutannya PANDI mengemban tugas pengelolaan .id sekaligus bertugas menyelesaikan perselisihan yang terjadi dalam penggunaan .id oleh masyarakat.

Baik sebelum tahun 2014 hingga saat ini, .id tidak hanya digunakan oleh warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia tapi juga pengguna internasional. Sehingga aspek-aspek dalam pengelolaan dan penyelesaian perselisihan atas .id perlu dinormakan dalam suatu perundang-undangan yang dapat mengatur mengenai jurisdiksi serta konsep-konsep solutif yang mendorong optimalisasi penggunaan .id yang memajukan Indonesia.

Berikan tanggapan anda melalui Artikel 5-10 halaman mengenai Nama Domain di Indonesia dengan pilihan Tema :
1. Konsesi Hak atas Nama Domain.
2. Keterhubungan Konsep Merek dengan Hukum Nama Domain.
3. Kajian tentang Kebijakan Penyelesaian Perselisihan Nama Domain di Indonesia.
4. Penggunaan Nama Domain .id bagi Pengguna Internasional

Naskah Artikel yang dilombakan harus dikirimkan melalui surel ke alamat kompetisi@pandi.id sebelum Hari Senin, Tanggal 23 April 2018, Pukul 23.59. Akan dipilih 12 pemenang dengan total hadiah senilai Rp. 62.000.000.
Lomba ini gratis untuk umum tanpa dipungut biaya apapun.
Untuk info lebih lengkap dapat diakses melalui tautan berikut